Thursday, September 22, 2016

Bontang, Kota TAMAN

Mengapa TAMAN? Ya, TAMAN adalah motto kota bontang yaitu Tertib, Agamis, Mandiri, Aman, dan Nyaman. Saya sangat setuju dengan nyaman. Ya, benar-benar kota yang nyaman. Sedari kecil hingga saat ini alhamdulillah tidak pernah ditemukan kejahatan besar dalam skala besar di sana, dan kondisi lampu lalu lintas tidak pernah macet.

Kota Bontangku berada di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Terletak sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda, yaitu ibukota provinsi Kalimantan Timur. Berada pada 0.137° LU dan 117.5° BT. Terlepas dari letak geografis, kota Bontang memiliki tiga perusahaan besar di bidang yang berbeda-beda, Badak NGL (gas alam), Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Urea, Amonia liquid dan Pupuk NPK), serta Indominco Mandiri (batubara) dan memiliki kawasan industri petrokimia yang bernama Kaltim Industrial Estate. Kota Bontang sendiri merupakan kota yang berorientasikan di bidang industri, jasa serta perdagangan. Tak hanya perusahaan-perusahaan industri, kota Bontag juga memiliki bandara yang dinamakan Bandar Udara Bontang, letaknya di daerah Perumahan PT Badak. Karena bandara tersebut hanya untuk jarak pendek, sehingga bandara hanya bisa didarati oleh pesawat jenis Skyvan, Cessna, helikopter atau pesawat berukuran kecil lainnya.

Alhamdulillah sekolahku termasuk salah satu dari dua sekolah besar dan ternama di kota Bontang. Sekolah-sekolah tersebut adalah VIDATRA (YPVDP) yang dibina oleh Badak NGL dan YPK dibina oleh Pupuk Kalimantan Timur. 

Kota Bontang tak hanya memiliki perusahaan-perusahaan besar dan ternama. Tentunya memiliki destinasi wisata favorit atau tempat yang tidak ada di kota lain di Indonesia. Saya hanya akan menyebutkan secara singkat, teman-teman bisa googling jika ingin mengetahuinya lebih lanjut jika penasaran karena saya tidak mungkin akan menjelaskan semuanya satu persatu :D Karena Bontang terletak bersebrangan dengan lautan, tak heran jika banyak wisata yang berbau pantai laut dan lainnya. Terdapat Pulau Beras Basah yang sangat indah (sayang sakses ke sana sekarang tidak mudah dan mahal), Bontang Kuala yang terkenal akan pemandangan alam (masih berhubungan dengan laut) dan kuliner andalan yaitu gammi, Pantai Marina salah satu pantai yang dijadikan pelabuhan PT Badak NGL guna keperluan bongkar muat kapal tanker tetapi seiring waktu telah dibuka untuk umum dan tak sedikit anak muda yang melakukan keiatan fotografi di sana. Selanjutnya ada Pulau Gusung, Desa Selangan dan Tihi- tihi. Ada juga Taman Cibodas yang berada di areal perumahan PT Pupuk Kaltim, di mana terdapat beberapa fasilitas rekreasi seperti tempat bermain anak- anak, panggung tempat makan keluarga, tempat duduk yang bisa diputar, beberapa patung dari beberapa jenis binatang, dan juga dua buah benda yang dilestarikan yakni pesawat terbang dan juga speed boat.

Tidak hanya tempat wisata, Bontang juga memiliki budaya khas diantaranya ada melabuh perahu, membuang Ance, dan Erau Pelas Benua, Guntung. Karena yang sudah dikenal adalah Erau Pelas Benua, maka saya akan bercerita sedikit mengenai budaya ini. Guntung ini merupakan nama satu daerah di Kota Bontang. Daerah ini mayoritas penduduknya adalah masyarakat Kutai yang berbatasan langsung dengan Kutai Timur. Erau pelas sendiri adalah nama sebuah upacara yang terdiri dari dua kata yakni Erau atau Eroh yang berarti ramai atau penuh dengan sukacita. Sedangkan pelas artinya membersihkan wilayah dari unsur- unsur negatif. Sehingga, masyarakat di guntung yang mendgadakan upacara ini melakukannya dengan penyembelihan seekor binatang yang kemudian darahnya dipercikkan diatas bumi sebagai tanda syukur terhadap karunia Tuhan Yang Maha Esa.

Sumber: Wikipedia, Destinasi Wisata

No comments:

Post a Comment