Thursday, September 22, 2016

Perkembangan Teknologi

2016 dengan keadaan dunia yang telah maju, perkembangan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini terbukti dengan banyaknya inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari yang sederhana, hingga yang luar biasa. Sebenarnya teknologi sudah ada sejak jaman dahulu, yaitu jaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. Salah satunya adalah seperti yang ada di Indonesia, yaitu fenomena mobil esemka yang diciptakan beberapa sekolah di Solo. Telah membuat inovasi mobil Nasional untuk Indonesia. Selain itu juga, ada di Sidoarjo yang memproduksi kapal laut untuk kebutuhan melaut.

Ada tiga klasifikasi dasar dari Perkembangan teknologi yaitu perkembangan teknologi yang bersifat netral (bahasa Inggris: neutral technological progress), perkembangan teknologi yang hemat tenaga kerja (bahasa Inggris: labor-saving technological progress) dan perkembangan teknologi yang hemat modal (bahasa Inggris: capital-saving technological progress). 

Dalam bentuk yang paling sederhana, Perkembangan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas tradisional seperti bercocok tanam, membuat baju, atau membangun rumah. Dengan majunya teknologi di berbagai negara berkembang menunjukan bahwa adanya campur tangan langsung secara berlebihan, terutama berupa peraturan pemerintah yang terlampau ketat, dalam pasar teknologi asing justru menghambat arus teknologi asing ke negara-negara berkembang. 

Kesimpulan yang perlu kita perhatikan adalah semua orang khususnya masyarakat Indonesia harus benar-benar cerdas utnuk memilah mana sisi positif dan negatifnya agar perkembangan teknologi yang terjadi serta bagaimana komunikasi itu selayaknya dilakukan, dijalankan dengan benar dan seimbang.


No comments:

Post a Comment