Thursday, September 22, 2016

GENERASI BARU JAS MERAH, KAMPUS PUTIH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Ya, begitulah sebutan kami untuk kampus tercinta, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kampus kami dikenal dengan sebutan Kampus Putih dikarenakan dominasi dinding gedung-gedung kampus berwarna putih, sedangkan kami mahasiswa-mahasiswi UMM disebut Generasi Baru Jas Merah. Kedua hal diatas jika digabungkan akan memberi kebanggaan tersendiri bagi kami dengan kampus elok penuh prestasi.
UMM didirikan pada tahun 1964 yang berinduk pada organisasi Muhammadiyah. UMM merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur dan alhamdulillah termasuk jajaran PTS terkemuka di Indonesia. UMM memiliki 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu merupakan awal mula berdirinya UMM, yang sekarang digunakan  untuk program Pasca Sarjana. Kampus II digunakan sebagai kampus dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan kampus III sebagai kampus utama, pusat seluruh aktivitas UMM.
Saat awal didirikannya UMM, kampus kami hanya memiliki 3 Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Agama. Alhamdulillah saat ini UMM mengelola 10 Fakultas, 1 Program Pascasarjana dan 2 Program Doktor. Dari semua fakultas ini terdapat: 3 Prodi Diploma, 33 Prodi Starata 1, 7 Prodi Pascasarjana, 2 Program Doktor dan 2 Prodi Program Profesi. Memiliki mahasiswa didikan lebih dari 26.000 orang, terdiri dari mahasiswa program Diploma, Strata 1 dan Strata 2 yang menempuh studi di berbagai bidang keilmuan baik sosial, eksakta maupun keagamaan. Mahasiswa UMM berasal dari hampir seluruh wilayah propinsi Indonesia dan bahkan dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Timor Leste, Australia dan beberapa negara Timur Tengah. Khusus mahasiswa luar negeri sebagian mengambil program reguler dan sebagian lagi mengikuti program ACICIS, BIPA dan Darmasiswa.
Penduduk UMM tidak hanya mahasiswa-mahasiswinya, tetapi adanya staf yang terdiri dari: dosen dan karyawan, mereka juga penduduk dari kampus putih ini. Dosen ada yang berstatus dosen tetap, dosen kontrak dan dosen honorer. Sedangkan karyawan terdiri dari karyawan tetap, kontrak, part timer dan outsourching. Khusus tenaga part timer, UMM melibatkan mahasiswa yang sudah menempuh tugas akhir.

Tak lengkap rasanya jika kampus besar serta penduduknya tidak diberikan fasilitas memadai. Sehingga, tentunya UMM menyediakan fasilitas seperti fasilitas akademik, non akademik, penunjang, sarana rekreatif dan sarana publik. Semua fasilitas disediakan untuk seluruh civitas akademika dan juga ada beberapa yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum, seperti: UMM Dome, Hotel, UMM Medical Center, SPBU, Rumah Sakit, Taman Rekreasi Sengkaling, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment