Thursday, September 22, 2016

Masjid AR. Fachruddin & SPBU UMM

Masjid AR. Fahruddin


Sebagai salah satu Perguruan Tinggi swasta terkemuka di Malang, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyiapkan berbagai fasilitas yang dapat mendukung kegiatan mahasiswa dan civitas akademika dalam mengembangkan iptek dengan dasar agama sebagai pondasi kehidupan serta mengembangkan budaya yang berkualitas.

Dengan lokasi yang strategis di jalan raya Tlogomas, Kampus 3 UMM menempatkan bangunan masjid di pintu gerbang utama. Masjid yang diberi nama salah satu tokoh Muhammadiyah ini (AR. Fachruddin) dibangun pada tahun 1995. Pada tahun 1998 masjid ini diresmikan oleh Presiden BJ. Habibie (Presiden RI ke 3). Masjid dengan arsitektur modern ini terdiri dari 5 lantai yang dimanfaatkan untuk tempat ibadah, dakwah, kuliah, perkantoran, perpustakaan, poliklinik, dan aktivitas mahasiswa.

Bangunan masjid yang menempati tanah seluas 6.000 meter persegi ini terdiri dari lima lantai. Pemanfaatan masing-masing lantai masjid antara lain:

1. Lantai satu digunakan untuk perkantoran perbankan, perpustakaan, poliklinik, lembaga bantuan hukum, markas dakwah, laboratorium kesejahteraan sosial, laboratorium hubungan in ternasional, dan Radio UMM FM

2. Lantai dua digunakan untuk pendidikan dan laboratorium bahasa Arab. Selain itu, juga digunakan untuk pelatihan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

3. Lantai tiga dan empat untuk tempat ibadah

4. Lantai lima digunakan untuk pendidikan bahasa Arab dan Pondok Pesantren Abdul Rahman bin Auf.

Untuk menghubungkan satu lantai ke lantai yang lain, ada tangga yang cukup lebar. Tempat wudhu berada di lantai dua yang dilengkapi dengan 18 kamar mandi (10 kamar madi pria dan delapan kamar mandi wanita), dan keran wudhu 22 untuk pria dan 14 keran wanita. Masjid yang bisa menampung kurang lebih 5.500 jamaah ini juga dilengkapi dengan menara setinggi 750 meter yang terletak di samping bangunan masjid. Menara ini berfungsi sebagai tempat pengeras suara dan antena Radio UMM FM.

Bangunan masjid kampus terbesar di Asia Tenggara ini ditopang dengan 81 tiang sehingga terlihat kokoh. Bahkan, bangunan ini dinyatakan sudah teruji kekokohannya dengan beberapa kali diguncang gempa. Di dalam masjid terhampar karpet merah yang berasal dari Arab Saudi. "Warna dan jenis karpet ini sama dengan yang ada di Masjid Madinah," Semangat modernitas Kebudayaan Jawa, Arab, dan modern menyumbang pada penampilan arsitektur masjid UMM ini. Kehadiran cungkup pada ujung setiap kubah adalah sumbangan dari kebudayaan Jawa. Ornamen dan pilar hadir dalam gaya modern. Disebutkan, penampilan modern ini untuk menggambarkan semangat modernitas dalam ajaran Islam. Kehadiran pilar yang gagah perkasa itu enggambarkan bangunan tauhid. Kubah berikut ornamen buah dan daun melambangkan amal saleh. Sementara itu, bagian pengimanan dihiasi dengan dan mimbar jati berukir dari Jepara Jawa Tengah dan arc atau semacam gapura melengkung. Arc merupakan pertanda kemenangan atau tanda penaklukan atau lambang kejayaan.

Pada lengkung gapura tertulis ayat al-Mujaadillah ayat 11: yarfa'i allaahu alladziina aamanuu minkum waalladziina uutuu al'ilma darajaatin waallaahu bimaa ta'maluuna khabiirun. Artinya, Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.



SPBU UMM

Sekilas mengenai SPBU milik Universitas Muhammadiyah Malang. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) UMM dibangun di sebelah Barat Masjid AR. Fachruddin, tepatnya di sebelah kiri pintu keluar Barat kampus III UMM. Pendirian SPBU ini merupakan salah satu upaya UMM dalam mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa.

SPBU UMM dilengkapi dengan cafetaria dan resting area yang bertempat di lantai dasar. Pendirian SPBU ini dinilai sangat prospektif karena jumlah mahasiswa, dosen dan karyawan UMM sangat banyak dengan kebutuhan bahan bakar kendaraan sangat tinggi. Selain sebagai profit centre, SPBU UMM merupakan salah satu bentuk layanan bagi sivitas akademika dan masyarakat umum dalam hal kemudahan penyediaan bahan bakar.

No comments:

Post a Comment