Thursday, September 22, 2016

Pendidikan Dokter

Alhamdulillah tahun ini saya diterima menjadi bagian keluarga besar FK UMM. Menjadi seorang dokter merupakan cita-cita saya sedari kecil, dan alhamdulillah kedua orang tua, keluarga dan teman-teman saya mendukung penuh akan cita-cita yang ingin saya raih. Impian dapat menolong dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia serta salah satu sarana meraih ridhoNya menjadi dasar kuat mengapa saya menginginkan berada di dunia dokter.
Pendidikan Dokter, merupakan program studi S1 di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. Jurusan Pendidikan Dokter merupakan langkah awal sebelum berkecimpung di dunia kerja. Diawali dengan fase pre-klinik, koas, mendapatkan gelar dr., internship, membuka praktek umum atau kerja mandiri. Jika berhenti sampai disitu maka ia akan menjadi dokter umum yang sejatinya dapat membuka praktek sendiri, tdak hanya dapat bekerja di rumah sakit. Jika dokter tersebut ingin menjadi spesialis, maka ia harus menjalani program ppds dan mendapat julukan residen sebelum ia lulus dari spesialis tersebut. Tak hanya itu, seorang dokter dapat menempuh S2 seperti masyrakat umumnya.
Program Studi Pendidikan Dokter yang berada di Kampus Putih Jas Merah ini, didirikan untuk memenuhi tuntutan masyarakat atas fasilitas pelayanan kesehatan yang masih belum merata di Indonesia. Maka dari itu, diharapkan sumbangan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang dalam mencetak dokter-dokter yang profesional dengan berlandaskan ilmu pengetahuan dan keprofesian serta etik kedokteran yang Islami. Alhamdulillah di jurusan Pendidikan Dokter UMM telah dilengkapi berbagai fasilitas, sistem layanan akademik dan kemahasiswaan, serta nuansa islami. Sehingga InsyaAllah mahasiswa dapat mengembangkan diri dalam suasana belajar yang kodusif dan menyenangkan.

Semoga saya dapat menjadi dokter yang amanah dikemudian hari, InsyaAllah aamiin.

No comments:

Post a Comment